Laman

Koleksi Doll Teposeliro

  • ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Melodi.
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Banana.
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Bantal.
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Bir Bunga.
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Kepala Boneka.
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Angry Bird.
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Hachi .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Sindy .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Baby .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka lumba-lumba .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Keropi .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka SpongeBob .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Ully .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Macan Loreng .
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Bantal Tazmania.
  •  ini koleksi boneka Doll Teposeliro Jenis Boneka Wini The Pooh .

Minggu, 17 November 2013

 ANALISIS KOMITMEN PROFESIONALISME PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN PELAKSANAAN ETIKA PROFESI

( Survey Pada Pekerja Bank dan  Agen Perjalanan Haji dan Umroh)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Ujian Tengah Semester


Unipdu - Jombang



 Oleh:

Achmat Rosid

4112006
                


PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL `ULUM
JOMBANG
2013







Pilihan yang sulit diantara memilih kejujuran dalam dunia kerja, pertolongan dalam pertemanan dan kesetiaan pertanggung jawaban dalam kebutuhan rumah tangga, itulah gambaran permasalahan pilihan yang dialami Pak Amir sebagai pegawai baru bank yang gajinya belum menetap dan kebutuhan rumah tangga medesak dengan ditaruhkan pertolongan dari seorang teman baiknya bernama Pak Bakir yang mempunyai usaha dibidang perjalanan haji dan umroh, hendak memberikan imbalan dengan syarat Pak Amir dapat memberikan database no handphone nasabahnya yang mana wewenang akses database bank dipercayakan kepada Pak Amir. Perasaan tidak menentu dari beberapa aspek permasalahan diatas membuat Pak Amir terbebani pada moral pribadinya, harus bagaimanakah mengambil tindakan yang tepat yang mana Pak Amir sendiri banyak pertimbangan dengan keilmuan yang pernah ditempanya yaitu etika profesi komputer sesuai bidangnya keilmuanya dan bidang pekerjaanya saat ini.

Tujuan umum sebuah profesi adalah memenuhi tanggung jawabnya dengan standar profesionalisme tinggi sesuai bidangnya, mencapai tingkat kinerja yang tinggi dengan orientasi kepada kepentingan publik, untuk mencapai tujuan tesebut dibutuhkan empat kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh sebuah profesi: kredibilitas, Profesionalisme, Kualitas jasa, dan kepercayaan.

Hampir setiap manusia melakukan salah satu pekerjaan untuk memperoleh nafkah hidup. Itu tidak hanya berlaku bagi kebanyakan pria, melainkan juga kaum wanita. Pekerjaan di rumah juga merupakan pekerjaan sungguh-sungguh yang meskipun tidak dibayar, dapat menolong suami untuk bekerja di luar. Setiap bidang kehidupan manusia termasuk dalam wilayah pertanggung jawab moral. Begitu pula dengan bidang pekerjaan. Dalam permasalahan ini tergambar sebuah permasalahan yang melintangi rasa kesetiaan terhadap keluarga, tempat kerja maupun teman karibnya. Pak Amir adalah sosok pria yang sulit untuk menoleh kekiri sebagi bentuk penghianatanya dalam mengemban amanah namun permasalah yang dialaminya begitu miris dirasakan dan tawaran Pak Bakir memerlukan tindakan yang mengharuskan Pak Amir menghianati prinsip etika profesinya yang telah dipegang hingga didunia kerja yaitu

3 Prinsip etika profesi pada umunya :

a. setiap orang yang mempunyai profesi tertentu diharapkan selalu bersikap bertanggung jawab dalam dua arah:
1) Kita diharapkan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang kita lakukan dan terhadap hasilnya.
2)  Kita harus betanggung jawab terhadap dampak perkerjaan kita pada kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya
b.      Hormat terhadap hak orang lain (keadilan)
Setiap orang professional tidak boleh melanggar hak orang lain dan harus menghargai orang lain atau pihak lain atau lembaga Negara.
c.       Otonomi
Prinsip ini menuntut agar setiap orang professional memiliki dan diberi  kebebasan dalam menjalankan profesinya, dengan pegangan kode etik profesionalnya.
Tawaran Pak Bakir ini hendak dilakukan namun ternayata melanggar salah satu poin prinsip etika profesi komputer yaitu pelanggaran privasi database nasabah yang mana hal ini tergolong dampak perkerjaan kita pada kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya.

Privasi adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka.

Menurut UU Teknologi Informasi ayat 19, Privasi adalah hak individu untuk mengendalikan penggunaan informasi tentang identitas pribadi baik oleh dirinya sendiri atau oleh pihak lainnya.

Apabila Pak Amir melakukan tindakan itu maka secara otomatis terkena UU Teknologi Informasi ayat 19, oleh sebab itu tindakan yang tepat yang diambil keputusanya oleh Pak Amir yaitu dengan menghindari kegiatan yang merugikan banyak orang, sekalipun ini merupakan keuntungan tersendiri yang terselundup yang hendak diterimanya apabila hal ini dilakukan Pak Amir.

Namun kesadaran bahwa bekerja dan melakukan kegiatan dengan menggunakan etika hasilnya akan lebih menentramkan karena tidak ada rasa kecemasan atupun kekhawatiran akan terkena hukum yang menimpanya akibat pelanggaran etika.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar